Tips Membeli Tablet Android Lokal

Samsung-Google Nexus 10 (Foto: Teknoworld)
Ada Android - Demam tablet dimana-mana. Setelah iPad diluncurkan, berbagai merk tablet bermunculan, Sebut saja Samsung, Acer, hingga merk lokal seperti Axioo, Advan dan IMO. Namun tablet dari merk lokal-lah yang justru diincar konsumen dengan alasan harga murah. Kali ini Ada Android menghadirkan tips membeli Tablet Android dari merk lokal.

1. Spesifikasi
Yang pertama adalah spesifikasi. Ada Android menyarankan pilih spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya jika Droiderz pecinta game, maka pilih spesifikasi yang sudah mumpuni yaitu Prosesor (Minimum 1GHz/Dual Core), Resolusi layar (Pilih yang sudah tinggi resolusinya minimum 1024x600 Pixel atau 600x1024 Pixel), Kapasitas RAM (Minimum 1GB untuk game bergrafis tinggi atau HD), dan jangan lupa kapasitas memori internal.

2. OS atau Operating System
OS atau Operaring System di Android tentu memiliki versi yang berbeda-beda. Saat ini yang paling tertinggi adalah 4.1 Jelly Bean. Sedangkan untuk berbagai aplikasi yang ada di Google Play, rata-rata memilih versi 2.2 Froyo untuk minimum versi OS.

Untuk tablet, Ada Android menyarankan untuk memilih tablet yang sudah menggunakan OS 3.0 Honeycomb atau keatas sebab versi tersebut lebih baik dijalankan di Tablet dibandingkan Gingerbread atau Froyo. Namun saat ini sudah sangat banyak tablet Android lokal yang sudah menjalankan sistem operasi 4.0 Ice Cream Sandwich di pasaran dengan harga murah.

3. Fitur
Setiap tablet tentu memiliki fitur yang berbeda. Sebagai info, Tablet lokal saat ini sudah ada yang terdapat slot SIM Card sehingga sudah dapat berinternet dengan mudah karena tidak perlu membeli modem/router WiFi dan ada pula yang tidak ada slot SIM Card alias WiFi Only.

Untuk yang sudah SIM card, biasanya sudah dilengkapi dengan fitur Voice atau Telepon dan SMS. Ada pula yang sudah ada SIM Card namun tidak dapat telepon via SIM Card seperti New Smartfren Andromax Tab 7.

Selain itu, tablet-tablet terkini umumnya telah dibekali dengan Port HDMI yang dapat menghubungkan Tablet ke HD TV (Fitur ini mirip dengan TV Out) sehingga selain dapat berpresentasi, dapat juga untuk bermain Game dan browsing. Selain itu ada juga fitur GPS untuk pelacak dan Koneksi Bluetooth.

Bagi Droiderz yang pecinta film, tablet yang sudah memiliki Port HDMI ini umumnya telah support HD Video sehingga dapat menghasilkan gambar yang lebih hidup.

4. Purna Jual
Ada Rupa, Ada Harga. Ya, prinsip ini sepertinya masih melekat di brand lokal karena produk brand lokal itu berharga murah namun berkualitas rendah sehingga purna jual-nya pun harus diperhitungkan. Layanan purna jual untuk Tablet Lokal harus masuk di Tips ini sebab Droiderz juga tahu kualitasnya

Mungkin itu saja Tips membeli Tablet lokal yang Ada Android hadirkan kepada Droiderz. Semoga bermanfaat...

3 comments:

mahasiswa teladan said...

saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)

Indra Krisnadi said...

@mahasiswa teladan: Sama-sama mas, semoga bermanfaat... :)

yasir afandy said...

masih bingung antara pilihan tablet brended tapi tanpa SIM card, dan tablet lokal yng mempunyai sim card.
spesifikasi keduanya bagus.

Post a Comment

Silahkan Berkomentar...
Bagi yang tips yang sudah saya berikan sudah berhasil, komentar juga...
Yang lagi ada masalah dalam tips yang saya, boleh ditanyakan kok.
Terima kasih sudah berkomentar...