Ada Android Bagi Kalian yang mempunyai Ponsel Android, pastinya kalian mempunyai puluhan aplikasi yang ada di Ponsel Android kamu...
Nah, sebagian besar aplikasi di Google Play (Dahulu Android Market), Aplikasinya akan tersimpan pada Memori Internal. Jika Kamu menginginkan Aplikasi tersebut di simpan pada Memori Eksternal, Ponsel Android kamu harus di Root dahulu dan di Partisi Memori Eksternalnya...

Berikut adalah cara memindahkannya:
Proses Pertama yaitu Rooting:
1. Download terlebih dahulu file root yang sesuai dengan Ponsel kamu.
2. Kemudian setelah anda download, masukkan ke Memori Eksternal. Dalam hal ini anda jangan memasukkan ke dalam folder lain. Cukup hanya diluar saja.
3. Matikan Ponsel Android Kamu.
4. Kemudian masuk ke Recovery Mode dengan cara tekan Tombol Home, Power dan Volume Down secara bersamaan.
5. Setelah itu, pilih opsion apply from sd card. Untuk memidahkan cursor, kamu tidak bisa menggunakan layar sentuh, gunakan tombol Volume Up (atas) atau Volume Down (bawah).
6. Kemudian pilih file yang sudah anda masukkan ke sd card tadi.
Reboot, selesai

Langkah Kedua yaitu Partisi Memori:
1. Backup dulu data pada Memori Eksternal kamu, karena Data-Data di Memori Eksternal akan di hapus dan Format Partition.
2. Download Sofware untuk membuat partitionnya, Kamu bisa memakai Mini Tool Partition Wizard atau EASEUS Partition Master
3. Install MiniTools di PC
4. Sambungkan USB HP ke PC
5. Jalankan Mini Tools dan akan terlihat seperti dibawah. SD card Terlihat pada Disk 2.
6. Delete Partiton SD Card lalu Klik Create Partition
7. Kalau misal microsdnya berkapasitas kecil, misalnya 2GB, buat Partition pertama Menggunakan Format Ext3 sebesar 500Mb aja. Digunakan untuk menginstall/memindahkan aplikasi dari phone memory ke SD Card
8. Partition kedua sisa dari partition pertama, dengan format FAT32. Digunakan untuk menyimpan data-data seperti office, mp3, video dll.
9. Untuk Partition Tergantung dari besar dari SD card kalian. Jika Mempunyai SD Card yang lumayan besar kalian bisa membuat partition ketiga dengan format Swap. Partition Swap digunakan untuk membantu kerja RAM. dan biasanya partition swap dibuat sebesar 2 kali besar RAM.
10. Setelah selesai klik APPLY pada pojok kiri atas untuk mengeksekusi partition yang telah kita buat.
Sampai sini selesai membuat partition untuk SD card android kalian. Untuk memindahkan aplikasi dari memory phone yang telah terinstall ke SD Card kalian bisa menggunakan aplikasi LINK2SD atau MOVE2SD dan aplikasi lainya yang ada dimarket. Download dan install.
Selesai.
Semoga sukses ya tipsnya.

99 comments:

Raharja said...

Terimakasih,tetapi apakah hanya ini caranya ?
Adakah cara yang lebih mudah ?
Bagaimana mengetahui,bahwa ponsel sudah di Root atau belum ?

Indra said...

Ada cara lain yang bisa kamu dapatkan di http://android-indonesia.com
Untuk mengetahui apakah ponsel itu sudah di root atau belum, jika sudah di root maka akan ada Aplikasi Super User dengan Icon Android dengan Penutup Mata, jika tidak, maka tidak akan muncul aplikasi itu...

Anonymous said...

Ada cara lain ga? Yg ga d root?

Indra said...

Kalau memindahkan aplikasi ke SD Card secara paksa itu memang harus di Root...
Sebenarnya kalau belum di Root juga bisa dipindahkan, namun terbatas.

Anonymous said...

yo. ko gagal terus.
partisiinnya ad setingannya laga? primary/logical & atribut2lainnya... thankz

Indra said...

Kalau gagal terus, lebih baik langsung instal Link2SD di Google Play saja...
Tapi tanpa partisi loh, ini sebenanrya lebih simpel karena tidak perlu partisi sehingga bagi kamu atau yang lain di SD Cardnya sudah ada isinya, tidak perlu ribet back up datanya.
Tapi kondisinya harus sudah di root ya.

Hakim said...

Kok ribet ya? itu download"nya dari HP apa dari PC? tolong bantu gan :) mau beli android. tapi mau tau dulu cara" nya biar gampang gitu :)

Indra said...

Sebenarnya kalau yang tidak pakai partisi juga bisa, caranya ada di komentar yang diatas.

Untuk Download file root itu bisa dari PC atau dari HP, yang penting simpannya di SD Card, bukan ke folder-folder yang ada di SD Cardnya. Kalau untuk Aplikasi pemindahnya juga terserah, bisa darimana saja...

Carlo Geraldy Joshua K. said...

gan kalo misalkan external (sdcard) nya yg penuh trs pengen dipindahin ke partisi ext2 gimana ya gan? mohon info, thanks

Indra said...

Kalau pakai Link2SD, dibagian bawah ada pilihan Partisi Ke2 kok... Jadi bisa dipindahkan ke partisinya.

Unknown said...

saya baru seminggu nih pake android motorolla fire xt dan bener2 buta android. saya mau tanya nih, kalo mau meng-copy file lagu2 dan e-book dari note book ke msd ponsel di simpan ke folder mana ya? saya sudah berulangkali nyoba copy ke sembarang folder di msd awalnya ada tapi setelah keluar dari aplikasi musik file2 lagu nya hilang.

Indra said...

Mungkin ada yang error, coba direstart.
Kalau hasilnya, masih seperti itu, coba dibawa ke Service Centre Resmi Motorola terdekat soalnya saya sendiri belum pernah mengalami itu.

Unknown said...

Update.zip nya harus di extract lagi/beroperasi atau cukup di simpan aja gan?
Mohon bantuannya.

Indra said...

Untuk proses Rooting, untuk Update .zip tidak perlu diextract dan disimpan di kartu memori namun jangan di folder-folder yang ada di memori card.

monorock said...

Wah kudu diroot dlu ya gan. Tapi kawan ane pakai se mini pro kok bisa yah mindah app pkai app move 2 sd tanpa diroot dlu.

Indra said...

Kalau pakai Aplikasi itu biasanya harus di root karena membutuhkan izin dari Superuser.

monorock said...

Ada ngk app move2sd yang ngk harus diroot dlu..
Mklum klo droot syng garansinye gan..hehe

Indra said...

Sebenarnya dari bawaan pabrik sejak hadirnya Android 2.2 itu sudah dapat memindahkan aplikasi ke External, namun hanya aplikasi tertentu saja yang dapat dipindahkan. Nah, dengan menggunakan 3rd App seperti App2SD atau Link2SD, Semua Aplikasi bisa dipindahkan ya... istilah umumnya dipaksa.

Kalau takut garansi hilang, bisa di Unroot kok. Jadi kamu pindahkan aplikasi yang ada dulu baru di Unroot. Caranya bisa dilihat di http://android-indonesia.com untuk tutor Un-Rooting karena beda ponsel, tentu beda juga file Unroot dan caranya.

monorock said...

Ya memang bisa dipindahkan. Tapi kalo di xperia tipo sd cardnya itu penyimpanan internal. Bukan external..biasanya kan klo yng namanya sd card itu yA penyimpanan external kn. Tktnya eror bwaan pabrik.

Indra said...

Kalau tiak mau di root juga tak apa, lebih baik di service saja ke Sony Mobile Service Centre terdekat... Kalau bawaan itu harusnya bisa, Android milik saya sendiri bisa dipindahkan.

Unknown said...

ga ane udah bikin partisi memory external hp w sesuai dengan tutorial agan tapi gimana caranya supaya tau bahwa memory external udah di bikin partisi cz di hp w tetep aja yg ada cuma memory telepon, sdcrd dan external yang belum ke partisi

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

hp (sony xperia tipo) ane juga udah di root http://inimanfaat.blogspot.com/2012/09/cara-root-sony-xperia-tipo.html

monorock said...

Oke thanks gan infonya...

Indra said...

Kalau dalam aplikasi Link2SD, sentuh pada aplikasi yang akan dipindahkan dan cek kebagian bawah pada Symbolic link. Jika bisa maka background tulisan "Membuat Link" akan berwarna putih. Jika tidak bisa berwarna hitam dan untuk memindahkannya menggunakan membuat link tadi.

Indra said...

Ya, sama-sama...

Unknown said...

rusak om pas gue aply ntah napa ni kayaknya musti beli baru astaga rusak ga mau ngebaca sama sekali ni memory 8 gb padahal

monorock said...

Bang indra klo memori udah dipartisi bisa berfungsi ngk klo dpake di handfone androidn yg blum diroot...apa kudu diroot dlu bru dipartisi..

Indra said...

Sebenarnya mau belum atau sudah diroot tidak masalah asalkan data-data di memori ext. sudah di Back Up. Partisi baru dapat berfungsi saat sudah diroot sebagai peyimpanan Apps. kalau belum, tidak ada fungsinya.

Unknown said...

Gan :( cara ngeroot gimana udah baca ttp aja ga ngerti:( hp gue galaxy mini gimana caranga ya ,memory internal full terus :( help gan

Indra said...

1. Donwload file Update.zip untuk Galaxy Mini (Search saja di google)
2. Setelah didownload, pindahkan ke SD Card (Jangan di folder-folder yang ada di SD Card)
3. Matikan Galaxy Mini lalu masuk ke Recovery Mode dengan menekan tombol Home, volume down dan power secara bersamaan.
4. Lalu pilih "Apply Updates from SD Card"
5. Lalu pilih Update.zip tadi
6. Setelah itu Ponsel akan merestart dan selamat, Galmin sudah di Root dan muncul aplikasi SuperUser.

Indra said...

Maaf ada yang tertinggal, untuk Update.zip nya jangan di Extract, biarkan saja.

deean_gandung said...

Pak kalau mengembalikan data yg terhapus di sd internal galaxy tab.bagaimana caranya ya.terima kasih.

Indra said...

Tidak ada caranya. Kalau sudah di Back-Up melalui Titanium Backup atau menggunakan layanan Cloud (Dropbox, Google Drive, Microsoft SkyDrive) itu baru bisa diambil kembali datanya

Patah tulang dan syaraf said...

Gan, boleh tanya dikit ya, hp gw galaxy Y & sudah d root & utk memindahkn app ke sd gw menggunakn app2sd ( google market), sebagian berhasil & sebagian jg tidak ( msh d internal memory) , agar semua app bisa gw pindahkn ke sd gmn caranya gan? Adakh cara yg lebih efisien selain mempartisi sd card? Mohon infonya gan, trmksh...

pembuat blogongkoblog said...

gan sy punya xperia go terus di pengaturan > penyimpanan ada memori telepon dan penyimpanan internal itu bedanya apa gan
terus saya masukin kartu sd kaya g ngaruh gan, di pengaturan > aplikasi kartu sdnya itu penyimpanan internal
tolong pencerahannya

Indra said...

Selama ini saya pakai Link2SD yang dapat didownload di Google Play...
Saya dapat memindahkan aplikasi yang ada di Internal ke SD Card.
Link2SD juga bisa langsung memindahkannya tanpa partisi, ini sebenanrya lebih simpel karena tidak perlu partisi sehingga bagi kamu atau yang lain di SD Cardnya sudah ada isinya, tidak perlu ribet back up datanya.
Tapi, tetap kondisinya harus sudah di root ya.

Indra said...

Penyimpanan internal itu sebenarnya itu nama lain dari memori telepon/internal. Itu tidak ada bedanya. Tapi jika muncul 2 seperti itu, coba ditanyakan kepada Service Centre Sony terdekat, saya sendiri merasa ada yang aneh karena keduanya sama.

HAMZET said...

Klo kudu nge-root dulu ngikutin tutorial di atas sih keknya bisa. Tp ga brani, coy. Kuatir berantakan ntar daleman Samsung Wonder Q. BTW, pengen buanget tuh ngelegain space bawaan android & internal SD Cardnya secara mereka berdua udah penuh...nuh!

Risiko klo salah step pas nge-root, apa aja?
Kalo di root-in di Samsungnya bisa bin boleh, ga ya?

Panelis said...

Gan Hape ane Sony Xperia Miro..
Memory Internal udah full !
tolong gan tutornya lebih jelas,klo bisa pake screenshoot biar lebih ngarti gan..
thanks..

Indra said...

Kalau buntu, lebih baik di Skip saja langkah partisinya.
Caranya, di Rooting dahulu (File bisa ditemukan di berbagai forum Android), setelah diroot download Link2SD di Google Play, setelah di download dan dibuka pilih aplikasi yang akan dipindahkan. Selesai.

deestyle said...

tanya lagi Bro..

Hp galaxy s3 saya sudah di root dan super usernya udah keluar
habis itu saya belikan microsd visipro class 10 16 gb

kalo buat pindahin aplikasi 2 & game harus di root +instal link2sd.

masalahnya ini pilihan pindah ke sdcard nya sudah keluar di aplikasi link2sd cuma setiap saya pilih pindah ke sdcard selalu gagal

ada tulisan [INSTALL_FAILED_INSUFFCIENT_STORANGE]

memory nya sih normal di pakai simpan hasil kamera ato lain 2 lancar

gimana solusinya ?

sama kata tmen2 bner ya harus di instal darktremor biar isa pindah ke sd card ??

tolong infona THX

Indra said...

@Deestyle: Coba pakai aplikasi pemindah lainnya seperti App2SD.

Unknown said...

gan cara ini bisa dipake buat tablet gak?

Unknown said...

@desstyle : nah ane juga sma problemnya tuh gan seperti tu...btw pake app2sd sma aja gbsa....
@jaly : bsa gan buat tablet...ane juga pake....
Buat agan2 yg succer dalam move app to sd external mohon donk pengalamannya share ane gagal molo move app to sd external ni....pake link2sd tu....

Unknown said...

gan minta link buat download file root update.zip untuk xperia arc?

Unknown said...

Mlm gan, klo root axioo picopad 7 3g gimana ya?
Aku dah coba root pake super one clik, tp kok waktu install app yg butuh root muncul root gagal. Berarti waktu aku root gak berhasil.
Aku coba root lg hasilnya tetep sama, gagal.
Mohon petunjuknya gan kesalahannya dimana ya?
Thx

Indra said...

@zuliar ershad: Terima kasih sudah membantu saya...

@Ahmad Samsuri: Saya lihat di Internet ternyata beda versi OS, beda juga filenya. Sekarang untuk proses Root Arc mengharuskan untuk Unlock Bootloader. Mungkin bisa ditulis versi Android yang digunakan (Mis. 2.3.4 Ginggerbread) agar saya dapat mencarinya.

@Putra Karminto: Kalau Axioo, biasanya sudah diroot. Tablet Axioo Picopad 7 BGT saya saja sudah diroot dari pabrik. Lalu Picopad 7 GGC juga sudah diroot dari pabrik. Coba di check menggunakan aplikasi pengecheck root yang ada di Play Store.

Markhaban Sapta Hadi said...

sony xperia tipo dual awet gax?kq disebelah banyak yg dijual kembali

Unknown said...

cara masuk ke recovery mode di xperia tipo gimana gan ::::???
kok cara di atas ga mau (tekan bareng tombol power, home, vol.down)
malah jadi capture screen jadinya ....
mohon bantuannya gan ;;;
:D

Indra said...

@KUSUMA BANGSA: Merk Branded itu awet kok, hanya saja sesuai penggunaan normal. Kalau pakainya Xtream, tentu rusak.

@yogik asmara: Dimatikan dulu, setelah itu tekan kombinasi tombol tersebut.

Salim13rahadi said...

gan,mohon bantuannya !
Dng budget 1,5-2 jt,ponsel android yng kinerjanya plg apik apa?(klo bisa jng merk lokal)
trus apkah semua OS android ICS bisa di upgrade ke JELLY BEAN?
sblmnya trimakasih bnyak gan atas bntuannya

Indra said...

@salim rahadi: Bisa dipilih Acer Liquid Gallant, peformanya cukup bagus. Harganya tidak sampai 2 Juta.
Tidak semua OS Android bisa diupgrade karena memiliki minimum spesifikasi tertentu untuk dapat menjalankannya.

yoga said...

Gan bgaimna ngatasi hp smsung glaxy young aq yg pnuh memory internal, slalu nympnya di internal truz gan
tiap kli download apliksi di play store kapasitas tdk memadai
ingin cba download aplikasi play store lngsung otomatis nympen ke memory slot (eksternal)

Plis gan tlong gmana cranya?

Indra said...

@yoga: Tidak bisa seperti itu, ada beberapa aplikasi seperti Game Angry Birds yang memang secara defaultnya tersimpan di Eksternal namun tidak semuanya. Lebih baik dipindahkan saja aplikasinya seperti yang ada di Blog Ada Android

Unknown said...

agan mo nanya ini memori externalku habis tk partisi tapi tog gk kebaca dihape??
trus tk coba dibuka nek laptop juga tetep gk bisa kebaca..
padahal saya sudah mengikuti petunjuk yang agan berikan. mohon pecerahanya gan.

Indra said...

@abdulah semir: Coba di format memori cardnya lalu ikuti langkah ini. Namun kalau tidak bisa, lebih baik hindari langkah partisi dan langsung menginstal aplikasi Link2SD. Resikonya? Tidak ada.

Unknown said...

Gan.. Tanya nie. Ak pakek hp sony experia tipo.. It penyimpanannya ada 3. Penyimpanan telepon. Penyimpanan internal sm external..
Yg bkin k bingung it file2 yg ad di memory external gak bisa kebaca di hp gan..
Cm memory internal aj yg kbca.. Udah ngubek2 d pengaturan hp tp gk ktmu..
Ksih tw cra biar memory externalny kebca gan..
Please
:(

Liaalie said...

gan saya make advaan T3i nih.. terus saya udah pindahin semua aplikasi, foto, music ke memori ekternal.. tapi giliran di liat ke device itu yang penuh malah memori internalnya.. sedangkan memori eksternalnya masih belum kepakai.. dan skrang memori internal saya malah penuh.. ini harusnya di gimanain ya gan.. saya udah baca post2 yg lain tetep aja gak dongg.. tlong bantu gan.. tq

Indra said...

@Elliezt Lyandrist: Coba di Hard Reset dengn menekan tombol Power+Volume Up+Home secara bersamaan.

@Lestari Yulianti: Ke Memory Card? Coba dicek di Memory Cardnya dengan aplikasi seperti Astro File Manager karena tablet lokal yang saya miliki saja dipartisi memori internalnya.

Unknown said...

Gan ane mau nnya neh hp ane xpria go, penyimpanannya sm di atas : memori telpo, internal dan external. Kalau di hp temen ane tapi sih xperia aktive dia, waktu di masuki sdcard terbaca di app2sd sedangkan punya ane gx terbaca di app2sd. Yang terbaca hanya internalnya saja. terimakasih sebelumnya

Unknown said...

Maksudnya penyimpanan yang tertera di app2sd di temen sdcard size bener dari microsd sedangkan hp ane cm sdcard kan size nya terbaca dari internal. Sudah di tuker pake 3 hp sm aja mohon pencerahannya. Terimakasih.

salintempel said...

mas indra, android saya merk epad. ada bawaan memori system 1gb dan memori internal 2gb.sudah sukses di root, sukses memartisi ext 16gb. tapi, tiap install app selalu masuk di memori internal 2gb bawaannya. tidak ke ext 16 gb nya. dan link2sd, pada background tulisan "Membuat Link" tidak berwarna putih. jadi tidak bisa membuat link. dan ada tulisan warna orange harus 2 partisi ( kurang lebih gitu)

pada menu link2sd tulisan autolink tidak berwarna putih jadi tidak bisa dicentang. mohon solusinya agar setiap install app langsung masuk link ext 16 gb tadi, sebelum dan sesudahnya terimkasih mas indra.

Indra said...

@hadi santoso: Pakai App2SD ya? Kalau saya pakai Link2SD sehingga ada perbedaan UI. Kalau di Link2SD, coba dilihat di penyortiran (Icon Corong), kalau ada pilihan "Ada di SD Card" bearti tidak masalah. Coba pakai Link2SD.

@Najeeb Alee: Mungkin Partisinya tidak terbaca, coba dipartisi ulang lalu di cek lagi. Karena yang tulisan bewarna Orange itu tulisannya Partisi ke 2 tidak ada).

Indra said...

@HAMZET: Resikonya bisa brick alias Mati total. Kalau di Root itu kita bisa memindahkan semua aplikasi (kecuali aplikasi bawaan) ke SD Card dan dapat menghapus aplikasi bawaan. Tak hanya itu, kalau mau modif HP dengan Custom ROM juga bisa dilakukan.

Saya mohon maaf ya baru bisa membalas pertanyaannya karena terdeteksi sebagai Spam.

Unknown said...

iya gan pake App2SD, yang ke baca internal terus. ok gan nti di coba Link2SD nya, thank gan infonya.

Indra said...

@hadi santoso: Ya, sama-sama...

Unknown said...

Mas indra, saya menggunakan samsung galaxy 3 mini. aplikasi yang akan saya pindahkan ke memory card kok tidak bisa ya....apa harus di root. soalnya di info aplikasinya gk ada button "pindah ke sd card". tp waktu saya install app 2 sd. kata aplikasinya bisa di pindah di memory card.itu harus gmn mas?
kalau misalnya sara root akan menghilangkann garansi ta?soalnya HPnya masih baru.terimakasih

Unknown said...

mas,cara root tablet china merk epad bgmn?

Indra said...

@wardah lucianna: Ya, harus di Root. Kalau di Root itu memang akan menghilangkan garansi namun kamu bisa melakukan Un-root sehingga bisa kembali mendapatkan garansi.

@yohe tkd: Bisa pakai SuperOneClick. Caranya, bisa bisa dilihat di Google.

Unknown said...

gan...thx info ny kemaren. epad saya ud berhasil di root.lalu saya coba unroot lg.ga ad masalah,tp bbrpa jam kemudian epad sy ky adyg ga beres jd sy cb setel ulang seperti dari pabrikan..saat proses setel ulang di layar tampak gambarrobot android njengkang alias roboh sambil ada tanda seru di atas perutnya..biasanya gmbr robotny berdiri smbil ada proses di perutnya.setelah selesai proses setel ulang,tau2 memory internal berubah dari 1GB menjadi cuma 41MB dan ud full tanpa sisa krn terisi aplikasi bawaan pabrik.alhasilsaya ga bs nambahin aplikasi n jalanin aplikasi yg prosesny bth memory internal.gmn nih mas ngobatinnya,,ap perlu instal firmware lg,dan ap firmware ny:-( .. thx in anvance,gan

Unknown said...

cara root buat samsung galaxy s3 mini gimana mas?

Indra said...

@yohe tkd: Coba cek di Memori Internalnya dengan App File Manager seperti Astro File Manager. Cek ke Folder DCIM lalu lihat, kalau ada folder yang bernama .thumbnail, hapus saja karena membuang memori. Namun kalau tidak ada, sepertinya memang harus di instal ulang firmware-nya.

@wardah lucianna: Bisa dilakukan seperti yang ada di blog tetangga ini

Unknown said...

Mas, mao tny ada cara laen selaen root? klo pake app2sd/link2sd berarti kan pindahin data secara paksa. apa tdk berpengaruh ke gadget dan memori eksternalnya? coz aku baru beli micro sd 16GB, gadgetku galxy tab 2. Oya 1 lagi u/ OS ICS ini emank bermasalah gini yaa mas? MOhon penjelasannya. Terima Kasih

Indra said...

@meiske amelia: Tidak ada cara lain selain di Root. Kalau berpengaruh atau tidaknya, saya rasa tidak. Saya sendiri sudah sering pindah memindah di HP Galaxy Y saya selama 1 tahun ini dan hasilnya No Problem baik ke HP, Software, Hardware hingga ke Memori Ext. nya.

Sebenarnya tidak hanya ICS, tapi semua versi OS Android. Karena akses ini itu dikunci dan hanya bisa dibuka oleh Root itu. Root ini legal kok, bukan tindakan ilegal.

Unknown said...

Gan hp xperia tipo saya udah di root dan ada aplikasi namanya superSU apa itu udah ke root? nah saya mau juga mau mindahin aplikasi ke memori external ko ga bisa ya pake link2sd malah pindah ke memori internal yang ada makasih sebelumnya

Indra said...

@Annisa Uswatun: Ya, kalau ada aplikasi yang bernama SuperSU atau Superuser yang ikonnya bergambar kepala dari logo Android dengan penutup mata berarti sudah berhasil di Root. (Link2SD) Mungkin coba disentuh ikon Corong dibagian atas lalu pilih Ada di Internal. Kalau sudah nanti ada daftar aplikasi yang ada di Internal dan coba pindahkan aplikasinya dengan menyentuh aplikasi yang ingin dipindahkan lalu pilih Pindah ke SD Card. Jika tidak bisa, coba dimatikan HP-nya lalu lepas MicroSD dan pasang kembali lalu nyalakan kembali. Setelah itu tunggu 5-10 menit (Biasanya membaca file-file di eksternal dan internal) lalu buka kembali Link2SD-nya.

Unknown said...

selamat malam gan. mau tanya ni gan aq kan sony xperia sp di sini kok kalau instal aplikasi semua masuk di internal ya,trus aq cobak masuk setting-aplikasi-kemuadian aq klik aplikasin instalan yang bisa dipindah kesd (tanpa root) tpi di situ kok g ada pilihannya move to sd ya?
kmudian aq cba instal link2sd tapi ada keterngan "partisi ke 2 tidak ada" trus aq klik pindah ke sd card muncul keterngan " appapp2sd is not supported by your device. because your device has a primary external storage which is emulated from the internal storage. you can link the app in order to move its file to your sd card"
itu kira yang bermasalah apanya ya gan pa mmc nya to mang bawaan dri pabrik?
tanks gan infonya sebelumnya
(distra.galaxy@gmail.com)

Jihan Frana said...

gan, kalo sony xperia miro bisa ga aplikasi disimpen di ekstern aja? atau emang udah dari sononya nih hp nyimpen aplikasi di intern?

Indra said...

@Adistra Candra: Sudah diroot belum? Untuk memindahkan aplikasi itu harus di Root dan sebaiknya jika sudah di root lakukan Hard reset agar mencegah bootloop. Hard Reset akan menyebabkan semua data-data termasuk aplikasi di internal hilang dan kembali seperti pertama membeli.

@Jihan Frana: Bisa disimpan di eksternal. Kalau HP yang menyimpan aplikasi di internal saja sebenarnya itu dari Androidnya. Untuk menyimpan di eksternal harus dilakukan Root.

Unknown said...

Halo gan. Pernah tau directory bind ga? Untuk pindah aplikasi ke eksternal memory. Hp ane S3 mini kalo pake itu knp selalu gagal ya bindnya (gambar Disk warna merah)? Hp udah di root. Mgkn tau pemecahannya?

(Kalo pake link2sd ato aplikasi yg lain ga bs semua Krn harus dipartisi sdcardnya. Nah ane menghindari partisi itu kalo bisa.)Tx

Indra said...

@Unknown: Kalau pakai Link2SD apa sudah dicoba belum? Saya pakai Link2SD tanpa dilakukan partisi dan hasilnya bisa dipindahkan ke SD Card. Silahkan dicoba dulu.

Unknown said...

gan, saya sdh partisi sd card dan memakai appp link2sd. sisa memory internal 27mb, tetapi ketika saya ingin mengunduh angry birds tdk bisa katanya insufficient storage. kenapa ya gan? sd card yg dipartisi 2gb.

Unknown said...

Agan indra tgl dmana? Bantu ane biar aplikasi hp ane bs dpindah k mc. ane py experia sp, ga ngerti root2an. ane bayar jasa agan kl mao bantu ane, sms k 087884192121, thx banget

Indra said...

@atitandidimi Bantal Menyusui Kembar: Itu karena memori internalnya masih kurang. Game Angry Birds sendiri berukuran cukup besar sehingga tidak dapat diunduh karena kapasitas yang kurang cukup. Untuk mendownloadnya, kurang lebih harus tersedia 35MB.

@David Artobelly: Saya di Bekasi. Tapi untuk rootnya bisa dilihat di http://dazzlehandphone.blogspot.com/2013/08/cara-root-sony-xperia-sp.html dan sudah dilengkapi dengan tutorialnya.

Unknown said...

Gan...saya pake sony xperia arc s, tapi kok kenapa yaaa memory eksternal selalu full?? Help me gan...buat foto aja gak bisa Di save. Memory eksternal saya 2gb

Unknown said...

Mas instalin punya saya sony xperia sp, saya masalahnya ga bisa,

Unknown said...

Maksudnya root in, sony ane.. Hehe
Saya tidak bisa masalahnya gaptek

Unknown said...

Maaf mau tanya Klo
Saya pake sony xperia M
. Ada tulisan Gini
Perangkat tidak memiliki penyimpan eksternal yang nyata. Atau penyimpan eksternal anda Teremulsi
Pdhal udah sya Psang Micro sd 4gb dan aplikasi yang seharusny bisa dipindah tidak bissa di pindah gan
Bysa ny Kl. Di hp Samsung itu bisa dipindah meskipun 50 : 50 dng memory internal.
Mohon info nya agar app bisa dipindah tanpa harus di root
Makasih...

Unknown said...

mau tanya nih gan..
Miro sy stelah di root ko ga bisa nge detect gambar video dan musik, klo ng buka album, video ataupun walkman ga kedeteksi apa2 alias tidak ada data/item yg ada gmn ya gan
padahal di memorinya ada musik gambar dan video..
mohon bantuannya

Edi Setiawan said...

gan utk partisi, Create As yang Ext3 pakai Primary / Logical ?
terus yang Fat32 dan swap juga pakai pakai yg mana ?
Trim's

Unknown said...

Para senior tolong solusinya
Hp q sony xperia miro
Tiap x download d play store ugb ada tulisan ''ruang penyimpanan tidakmemadai atau tdak cukup''
Tolong solusinya

Brandal_Prapatan said...

saya selalu gagal memindahkan aplikasi,musik,dan video dari pc ke android dan dari sdcard ke extsd card
kenapa ya gan??
tolong solusinya

dipo said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

BROOO..HP ANE SONY EXPERIA L MEMORI PERANGKAT PENUH TERUS....SEBELUM NYA DI HP ANE ADA 3 BAGIAN : MEMORY PERANGKAT,INTERNAL DAN SD...MHON BANTUAN...SOLUS

SenduMalu said...

Maaf admin mau nanya.. hp saya kan j32016.. saya ingin memindahkan apk ke memory card tetapi ga bisa terus.. setiap ingin dipindahkan pasti ada memory card berada di disk os. Nah itu gimna? Pdhl saya sudah pake software terus ga bisa

Aswin IF said...

Mas sy ada 1 permasalahan di HP GALAXY TAB S 10 yg saya pakai. Kmarin2 hp bisa mendetek flashdisk otg. Nah sekarang sama sekali tidak terbaca. Sy sudah coba semua flashdisk otg bbrp teman sy tp hasilnya msh tetap tdk terbaca. Pdhl semua flashdisk tersebut sy coba di hp Oppo sy terbaca semua. Sy sdh coba reset tablet sy tersebut ke standar pabrik kembali tapi tetap saja masih blm bisa baca flashdisk otg. Bagaimana solusinya ya? Tks

Formula Bisnis Terpercaya said...

Gan, ane punya tab Samsung SM-T311, memori internalnya penuh, terutama di galerynya penuh, mau pindahin ke memori card tp nggak bisa - bisa padahal udah cb dgn berbagai cara, bahkan paket astro file jg nggak bisa, bisa bantu? thx

urntukulo said...

manteb min, bermanfaat sekali..
papan preheating

Post a Comment