Patung Android KitKat di Kantor Pusat Google
Ada Android - Setelah diumumkan kehadirannya pada September 2013 lalu, akhirnya dalam sebuah acara di San Fransisco, Kamis (1/11/2013) Google meluncurkan versi Android terbaru yaitu 4.4 KitKat.

Seperti yang dikabarkan Teknoworld, Beberapa penambahan fitur dan perubahan terdapat pada Android 4.4 KitKat seperti dukungan Google Now pada Homescreen yang dapat diakses dengan cara men-swipe dari kiri-ke-kanan.

Selain itu, aplikasi Pesan atau Messages kini digabungkan dalam Hangouts dan di Hangouts para pengguna Android 4.4 KitKat dapat melakukan pesan SMS, pesan instan atau Chatting, Voice call hingga Video call. Ada juga fitur HDR+ pada kamera Android 4.4 Kitkat.

Tampilan Android 4.4 KitKat kini tampil lebih baru yang menghadirkan Status bar dan tombol virtual (Back, Home dan Recent Apps) yang tertampil transparant. Status bar transparant sendiri sebelumnya telah hadir lebih dulu pada sistem operasi Windows Phone.

Android KitKat nampak menjadi sebuah solusi Google untuk masalah Fragmentasi yang terjadi selama ini di Android dengan mendukung ponsel low-end dengan RAM berkapasitas 512MB. Dan dengan dukungan pada ponsel low-end inilah yang menjadi senjata Google untuk membawa KitKat ke lebih dari 1 miliar pengguna dimasa mendatang.

Menurut Sundar Pichai, Kepala Android dan Chrome OS, Semua aplikasi Google telah dioptimalkan untuk menggunakan memori RAM yang lebih sedikit.

Android 4.4 KitKat telah hadir pada LG Nexus 5 dan update ini akan tersedia untuk Nexus 4, Nexus 7 dan Nexus 10 dalam beberapa minggu mendatang.

Sayangnya Samsung Galaxy Nexus tidak mendapatkan update ini karena Google menilai Galaxy Nexus adalah smartphone lama dan tidak masuk dalam rentang update 18 bulan walaupun dari spesifikasinya sudah mumpuni untuk menjalankan KitKat. Galaxy Nexus sendiri diluncurkan pada akhir 2011.

Jika aturan tersebut tetap diberlakukan, dalam waktu 6 bulan kedepan Nexus 4 akan tidak mendapatkan update versi Android terbaru walaupun dari spesifikasinya masih mampu. Google juga mencatat bahwa Galaxy Nexus menggunakan prosesor dari Texas Instruments yang kini tidak aktif lagi mengembangkan chip untuk smartphone.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar...
Bagi yang tips yang sudah saya berikan sudah berhasil, komentar juga...
Yang lagi ada masalah dalam tips yang saya, boleh ditanyakan kok.
Terima kasih sudah berkomentar...