Samsung Galaxy S4 (Foto: The Verge)
Ada Android - Samsung memang menghadirkan 2 varian pada Galaxy S4 yaitu versi prosesor Snapdragon 600 dan versi Exynos 5 Octa. Samsung hanya akan menghadirkan 1 varian saja pada setiap negara.

Lalu bagaimanakah dengan Indonesia? Apakah Galaxy S4 yang akan dijual di Indonesia menggunakan prosesor Snapdragon 600 dari Qualcomm atau Exynos 5 Octa buatan Samsung?

Seperti yang dikutip dari Teknoworld, Indonesia akan mendapatkan Galaxy S4 dengan nama asli GT-I9500. GT I9500 sendiri adalah Galaxy S4 dengan versi Exynos 5 Octa.

Samsung Indonesia sendiri juga telah mendapatkan sertifikat Galaxy S4 dari Ditjen Postel yang berarti Smartphone baru dari Samsung ini sudah lulus pengujian dari Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi.

GalaxyS4Indo



Sementara itu untuk di negara lain di kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia, Samsung akan menghadirkan 2 versi Galaxy S4 sekaligus. Di Singapura, Galaxy S4 yang akan hadir adalah versi Snapdragon 600. Di Thailand, versi yang akan dijual sama dengan versi di Indonesia yaitu versi Exynos 5 Octa.

Exynos 5 Octa sendiri adalah prosesor 8 Core terbaru dari Samsung yang menggunakan teknologi "big.LITTLE" dari ARM. Prosesor ini sebenarnya tidak murni 8 Core melaikan adalah 2 prosesor Quad-core yang digabungkan. Prosesor tersebut terdiri dari 4 Core prosesor A15 dan 4 Core prosesor A7.

Tugas dari masing-masing prosesor tersebut tentu berbeda. Untuk menjalankan Game HD, atau Multitasking, tugas ini dibebankan pada A15. Sedangkan untuk operasional ponsel, tugas ini dijalankan oleh A7.


Sementara itu, untuk Snapdragon 600 sendiri yang akan dihadirkan oleh Samsung adalah versi Quad-core (4 Core) tidak seperti Exynos 5 Octa yang sudah 8 Core. Perlu diketahui, Samsung Galaxy S4 versi Exynos 5 Octa tidak support koneksi 4G LTE. Sedangkan pada Snapdragon 600 sudah support 4G LTE.


Seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya, Samsung akan mulai menjual Galaxy S4 di Indonesia pada bulan April yang tak jauh dari penjualan global Galaxy S4 pada bulan April.

Sumber: Teknoworld

1 comments:

Anonymous said...

meskipun sudah lama tapi smartphone ini masih jadi idaman..
http://cody.id/produk/power-supply/power-supply-cody-3005dt/

Post a Comment