Nexus 4 dengan warna putih, pilihan warna baru LG Nexus 4 (Foto: The Verge)
Ada Android - Penerus seri Nexus yang merupakan Smartphone hasil kerjasama Google dengan Vendor ponsel yang terpilih yang selama ini dirumorkan bernama Nexus 5 ternyata bukan LG yang memproduksinya.

Dalam wawancaranya kepada Situs Belanda All About PhonesVice President LG Mobile Eropa, Kim Won mengatakan bahwa LG tidak tertarik untuk memproduksi Nexus selanjutnya walaupun Nexus 4 berhasil dalam pemasarannya.

Namun menurut salah satu pegawai senior LG, pernyataan Kim Won tersebut bukan berarti LG akan menolak bekerjasama lagi untuk seri Nexus berikutnya namun ia membenarkan bahwa LG tidak bekerjasama dengan Google untuk memproduksi Nexus 5.

Sebagai alternatif untuk seri Nexus, pada Google IO 2013 yang lalu Google juga mengumumkan Samsung Galaxy S4 Google Edition yang memiliki "rasa" yang sama dengan seri Nexus yang tidak dibekali dengan UI TouchWiz UX.

Namun ketika ditanya apakah LG juga akan mengikuti jejak Samsung dengan meluncurkan Smartphone Google Edition, Kim Won juga tidak akan meluncurkan Smartphone Google Edition pada Smartphone andalan LG yang saat ini dipegang oleh Optimus G.

Menurutnya, seperti yang dikutip dari Teknoworld, Smartphone Google Edition itu "tidak memiliki nilai tambah bagi kita (LG) tanpa kulit (UI) kita sendiri."

Kim juga mengatakan bahwa LG akan fokus untuk menggunakan OS lain untuk Smartphone berikutnya. Terhitung, LG juga telah bekerjasama dengan Mozilla untuk menggunakan Firefox OS namun LG juga akan melihat OS terbuka lainnya seperti Tizen dan Ubuntu.

Namun ia tidak berencana untuk membuat OS sendiri dan sepertinya LG juga sudah mulai mengurangi ketergantungan kepada Android yang saat ini masih menjadi OS utama untuk Smartphone LG. Sayangnya, Kim Won tidak mengatakan apakah LG juga akan masuk ke Windows Phone 8 seperti Nokia, HTC, Samsung dan Huawei.

0 comments:

Post a Comment