Sistem operasi Android Ice Cream Sandwich (ICS) dari Google belum banyak diadopsi, meskipun banyak orang yang menantikannya. Saat ini, Android Gingerbread yang dirilis sebelumnya justru lebih populer ketimbang ICS.

Diwartakan Softpedia, Selasa (3/4/2012), Google juga mengungkap grafik distribusi sistem operasi mobile miliknya dengan harapan bisa membantu para pengembang menetapkan target untuk aplikasi buatannya.

Grafik tersebut berdasarkan data dari perangkat yang mengakses Google Play selama dua pekan ini. Melalui data itu terungkap sekira 63,7 persen perangkat genggam yang mengakses Play Store menggunakan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread.

Jika dibandingkan dengan grafik yang pernah dirilis sebelumnya, kepopuleran Gingerbread terlihat naik. Pada Februari silam, jumlah akses perangkat genggam yang mengadopsi sistem operasi tersebut hanya sekira 62 persen.

Kemudian dibandingkan bulan lalu, Android 4.0 ICS juga mengalami sedikit pertumbuhan. Dalam rentang waktu dua pekan, sistem operasi ini diadopsi oleh sekira 2,9 persen perangkat Android yang aktif. Ini meningkat sekira 1,3 persen ketimbang pada Februari.

Hal ini sesuai dengan dugaan. Platform Android yang lebih tua ketimbang Gingerbread saat ini mulai kehilangan tempat, dan beberapa diantaranya akan segera punah. MIsalnya Android 1.5 Cupcake atau Android 1.6 Donut. Masing-masing hanya terhitung sekira 0,3 dan 0,7 persen dari perangkat yang mengakses Play Store.

Hal serupa terjadi pada Android 2.1 Eclair serta Android 2.2 Froyo. Eclair diklaim hadir di sekira 6 persen perangkat Android, sedangkkan Froyo ada di sejumlah 25,3 persen.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar...
Bagi yang tips yang sudah saya berikan sudah berhasil, komentar juga...
Yang lagi ada masalah dalam tips yang saya, boleh ditanyakan kok.
Terima kasih sudah berkomentar...